semua informasi tentang piano

Sabtu, 02 November 2013

<=PIANO=>

1.ASAL USUL PIANO
Piano
 adalah alat musik yang dimainkan dengan jari-jemari tangan. Pemain piano disebut pianis.
Pada saat awal-awal diciptakan, suara piano tidak sekeras piano abad 20-an, seperti piano yang dibuat oleh Bartolomeo Cristofori (1655  1731) buatan 1720. Pasalnya, tegangan senar piano kala itu tidak sekuat sekarang. Kini piano itu dipajang di Metropolitan Museum of Art di New York.
Meskipun siapa penemu pertama piano, yang awalnya dijuluki gravecembalo col piano e forte (harpsichord dengan papan tuts lembut dan bersuara keras), masih menjadi perdebatan, banyak orang mengakui, Bartolomeo Cristofori sebagai penciptanya. Piano juga bukan alat musik pertama yang menggunakan papan tuts dan bekerja dengan dipukul. Alat musik berprinsip kerja mirip piano telah ada sejak 1440.
Piano sendiri lahir dari keinginan untuk menggabungkan keindahan nada clavichord dengan kekuatan harpsichord. Hasrat itu mendorong Mariusdari Paris (1716), Schroter dari Saxony (1717), dan Christofori (1720) dari Padua, Italia, untuk membuat piano. Namun, hasil utuh dan lengkap cuma ditunjukkan Bartolomeo Christofori. Dari piano ciptaan pemelihara harpsichord dan spinet (harpsichord kecil) di Istana Florentine - kediamanPangeran Ferdinand de’Medici - inilah piano modern berakar.
Pada pertengahan abad-17 piano dibuat dengan beberapa bentuk. Awalnya, ada yang dibuat mirip desain harpsichord, dengan dawai menjulang. Piano menjadi lebih rendah setelah John Isaac Hawkins memodifikasi letaknya menjadi sejajar lantai. Lalu, dengan munculnya tuntutan instrumen musik lebih ringan, tidak mahal, dan dengan sentuhan lebih ringan, para pembuat piano Jerman menjawabnya dengan piano persegi. Sampai 1860 piano persegi ini mendominasi penggunaan piano di rumah.
Rangka untuk senar piano pertama menggunakan rangka kayu dan hanya dapat menahan tegangan ringan dari senar. Akibatnya, ketika pada abad 19 dibangun gedung-gedung konser berukuran besar, suara piano tadi kurang memadai. Maka, mulailah dibuat piano dengan rangka besi. Sekitar tahun 1800 Joseph Smith dari Inggris membuat suatu piano dengan rangka logam seluruhnya. Piano hasil inovasinya mampu menahan tegangan senar sangat kuat, sehingga suara yang dihasilkan pun lebih keras. Sekitar 1820, banyak pembuat menggunakan potongan logam untuk bagian piano lainnya. Pada 1822, Erard bersaudara mematenkan double escapement action, yang merupakan temuan tersohor dari yang pernah ada berkaitan dengan cara kerja piano.
Dalam perkembangannya, sebelum memiliki 88 tuts seperti sekarang, piano memiliki lima oktaf dan 62 tuts. Ia juga dilengkapi dengan pedal. Semula pedal itu digerakkan dengan lutut. Namun, kemudian pedal kaki yang diperkenalkan di Inggris menjadi populer hingga sekarang.
Sejumlah pengembangan berlanjut pada abad 19 dan 20. Tegangan senar, yang semula ditetapkan 16 ton pada tahun 1862, bertambah menjadi 30 ton pada piano modern. Hasilnya adalah sebuah piano dengan kemampuan menghasilkan nada yang tidak pernah dibayangkan Frederic Chopin,Ludwig van Beethoven, dan bahkan Franz Liszt.
Sebuah perkembangan nyata di abad 20 (berawal di tahun 1930-an) adalah kehadiran piano elektronik (atau piano listrik), yang didasarkan pada teknologi elektroakustik atau metode digital. Nada suaranya terdengar melalui sebuah amplifier dan loudspeaker.
Dari sisi mutu suara, piano elektronik nyaris tak ada bedanya dengan piano biasa. Perbedaan terletak pada berbagai fitur yang melengkapinya. Fitur itu tentu tidak ada sama sekali dalam piano biasa. Misalnya, bisa dihubungkan dengan perangkat MIDI, komputer, alat rekam; memiliki pengatur volume, tusuk kontak untuk pendengar kepala; dan sebagainya.

2.JENIS-JENIS PIANO
Piano hadir  dalam berbagai macam gaya, desain, bentuk dan ukuran. Piano memiliki dua kategori dasar: piano vertikal dan horisontal.
Piano Vertikal – disebut piano vertikal karena tingginya dan posisi senarnya. Tinggi piano ini berkisar antara 36 sampai dengan 60 inci. Ada 4 jenis:


• Spinet

– Dengan ketinggian sekitar 36 sampai 38 inci, dan lebar perkiraan 58 inci, spinets adalah piano terkecil. Karena ukurannya itu maka piano ini menjadi pilihan yang popular bagi banyak orang yang tinggal di ruang terbatas seperti apartemen. Salah satu Kelemahan dari spinets adalah memiliki daya dan akurasi yang kurang karena ukuran dan konstruksi.



 


• Konsol

– Agak lebih besar dari spinet, tingginya berkisar 40-43 inci dan lebar sekitar 58 inci. Jenis piano ininhadir dalam berbagai model. Jadi jika kamu ingin melengkapi perabot rumah, konsol memberimu berbagai pilihan ini dibuat untuk menghasilkan nada yang lebih tinggi.




• Studio

- Ini adalah jenis piano yang biasanya kamu lihat di sekolah-sekolah musik dan studio musik. Tingginya sekitar 45 sampai 48 inci tdan memiliki lebar sekitar 58 inci. Karena soundboard yang lebih besar dan senar yang panjang, maka bisa menghasilkan kualitas nada yang baik dan panjang.

 





• Upright - ini adalah Piano yang tertinggi di antara piano vertikal, dengan perkiraan ketinggian mulai dari 50 hingga 60 inci dan lebar 58 inci. Ini adalah jenis piano besar. Jika  dirawat dengan baik, bisa mempertahankan nada piano itu sendiri.





 


-Horizontal Piano
– Juga dikenal sebagai grand piano. Disebut piano horisontal karena panjangnya dan penempatan stringnya. Grand piano bisa dikatakan menghasilkan nada lebih halus dan memiliki kunci yang paling responsif. Ada 6 tipe dasar dari Piano Horizontal:

• Petite Grand – Ini adalah yang terkecil dari piano horizontal. Ukurannya berkisar dalam ukuran dari 4 kaki 5 inci sampai 4 kaki 10 inci. Hal ini memang kecil tapi masih kuat.



 




 

• Baby Grand – Jenis yang sangat popular yang ukurannya berkisar antara 4 kaki 11 inci sampai 5 kaki 6 inci. Baby grand merupakan pilihan populer karena kualitas suara, dan daya tarik estetika serta keterjangkauannya.





 


 


• Medium Grand
– Lebih besar dari baby Grand ukurannya sekitar 5 kaki dan 7 inci.
• Parlor Grand – Ukurannya berkisar antar 5 kaki 9 inci sampai 6 kaki 1 inci. Piano grand Parlor juga disebut grand pianonya ruang tamu.







 



• Semiconcert atau Ballroom – ukurannya lebih besar Grand Parlor, adalah sekitar 6 kaki 2 inci sampai 7 meter.








 

• Konser Grand – Ukurannya sekitar 9 kaki, yang terbesar dari semua piano grand.












3.Salah satu PIANIS terhebat didunia

Sergei Rachmaninoff
Sergei Rachmaninoff Vassilievich lahir pada 1 April 1873, di Semyonovo, perkebunan besar di dekat kota kuno Novgorod, Rusia. Ayahnya, Vassily Rachmaninoff, adalah seorang perwira tentara dan ibunya adalah ahli waris yang kaya. Rachmaninoff berasal dari keluarga berbakat musik, baik ayah dan kakeknya bermain piano. Dia mulai belajar piano pada usia 6 dengan ibunya yang seorang pianis terlatih.
Ayahnya berjudi, minum, dan menghambur-hamburkan uang istrinya. Dia meninggalkan keluarganya ketika Sergei berusia sembilan tahun. Dan adik perempuan Sergei, Sofia, meninggal tak lama setelah itu. Keluarga Rachmaninoff terpaksa melelang Semyonovo untuk membayar utang mereka dan pindah ke St Petersburg, dimana Sergei terdaftar di konservatorium untuk melanjutkan studi piano.
Sergei adalah anak bermasalah, namun memiliki talenta luar biasa dalam permainan piano. Dan pada usia sembilan ini, dia mampu masuk di College of Music di St. Petersburg. Karena merasa kemampuannya diatas rata rata, dan juga tumpukan masalah keluarganya, Sergei tidak banyak fokus pada kuliahnya, sayangnya karena itu, pada tahun 1885 dia gagal pada SEMUA ujian di ST. Petersburg dan karena masalah kedisiplinan, Sergei dipindahkan ke Moskow untuk "didisiplinkan" bersama Nikolai Zvereff, Zvereff merupakan salah satu guru musik terkemuka yang mengajar di Konservatorium Moskow.
Empat tahun tinggal bersama Zvereff membuka pandangan baru bagi Sergei. Namun pada tahun 1889 hubungan mereka "putus" karena Zvereff menolak memberikan ruangan pribadi bagi Sergei untuk menulis. Sergei pun pindah belajar musik dan tinggal pada sepupunya, Alexander Ziloti.
Pada tahun 1892, Sergei lulus dari konservatorium dengan kehormatan tertinggi dan pujian dari Tchaikovsky langsung pada proyek tesis Rachmaninoff , "the opera Aleko". Sergei bekerja perlahan terus menerus untuk memperoleh pengakuan dan pujian sampai 1897, ketika premier "Symphony No.1 in D minor" nya mengalami penolakan mentah mentah yang tidak pernah terjadi sebelumnya.
Karena kegagalannya itu, Sergei menderita kemunduran psikologis yang parah yang menyebabkan hilangnya seluruh kepercayaan dirinya dan membuat dia tidak mampu menulis selama tiga tahun. Butuh serangkaian sesi hipnotis bersama Dr.Nikolai Dahl untuk mengembalikan kepercayaan diri pada kemampuan kreatif Sergei.
Karena pengobatan Dr. Dahl, pada tahun 1900 dia mulai membuat "Piano Concerto No. 2″ yang didedikasikan khusus untuk Dr. Dahl. Setahun kemudian, setelah "Piano Concerto No. 2″ nya selesai, ia menikahi sepupunya sendiri, Natalya Satina. Irina putri mereka, yang kemudian menikah Pangeran Pyotr Volkonsky, lahir pada tahun 1903.
Tahun 1909, Sergei mengunjungi Amerika Serikat untuk pertama kalinya pada tur konser dan disambut dengan tangan terbuka. Setelah itu, ia selalu mengunjungi Amerika setiap musim, meskipun ia baru saja memiliki tempat tinggal utama di Ivanovka, estat warisan yang baru ia terima di Rusia.
Setelah Revolusi Oktober 1917, Rachmaninoff pindah sebentar ke Stockholm, namun karena kecintaannya pada Amerika Serikat, ia pindah ke New York pada 1918 dan membeli rumah di sana, di Riverside Drive dan dihiasi meniru suasana Ivanovka, pada tahun 1921. Pada sekitar 1910an, Sergei diduga berhubungan denga Nina Khosetz.
Sebelum 1918, Rachmaninoff menulis kurang lebih 135 komposisi, tapi karena "his self-imposed exile" (seseorang mohon jelaskan) hanya sekitar sembilan atau sepuluh karyanya yang dikeluarkan. Musiknya, bagaimanapun, tetap khas Rusia, walaupun ia adalah seorang penentang keras rezim Komunis baru, publik mengumumkan kritiknya di New York Times. Sergei Rachmaninoff meninggal di Beverly Hills pada 28 Maret 1943, hanya beberapa minggu setelah mendapatkan kewarganegaraan Amerika-nya dan hanya lima hari sebelum ulang tahun nya ketujuh puluh.



NB:
Aplikasi untuk bermain PIANO di laptop atau kmputer yaitu :
-Virtual Piano versi 1 s/d versi 4 =>software ini adalah software yang dapat mensimulasikan lebih dari 600 instrumen Musik , ini dibilang cukup bagus karena Ukuran Software hanya 3 Mb, dan tampilan yang yang simpel dan mudah untuk Pemula ataupun Master-Master Musik , bagi yang berminat di dunia musik tapi tidak mempunyai alat alatnya saya sarankan mencobanya . masih banyak fitur fitur yang di sediakan oleh Virtual Piano..

Comments